Mangan Wareg di D’Cost Seafood

D'Cost

Jalan-jalan ke Bekasi Square jangan lupa mampir ke D’Cost Seafood.

Restoran spesialis seafood bermotto: Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima.

Begitu masuk, langsung disambut senyum pelayannya yang berseragam oranye.

Mereka menyapa dengan ramah sekali (gajinya gede kali yak).

Kemudian kami diantar ke meja yang kosong.

suasana terang kayak di kantor

suasana terang

Sejenak terkesima dengan ruangannya yang terang, bersih, rapih dan terkesan canggih. Ruangannya pun terpisah antara smoking dan non smoking area.

Perbedaan fundamental antara D’Cost dengan resto lainnya, yaitu pemanfaatan sistem ICT (Information & Communication Technology) untuk proses order dan delivery-nya sehingga pesanan menjadi lebih cepat dan tepat.

Pelayan-pelayan D’Cost sudah fasih menggunakan PDA-nya untuk mencatat order pelanggan, yang langsung terkoneksi menggunakan Wi-Fi.

Order-order tersebut tercatat dengan baik dalam sebuah database, sehingga dapat dilakukan data mining untuk prioritas masakan yang harus dibuat oleh chef di dapur.

Pesanan diinput oleh pelayan via wifi, lalu dikonfirmasi ulang oleh departemen dapur lewat radio. Canggih ya?

pelayane nganggo PDA dab

wuih.. pelayane nganggo PDA

Semua personilnya, mulai dari pelayan, tukang sapu, manajer, koki, dapur, mengenakan headset mono, yang saling online satu sama lain. Udah kayak agen FBI aja.

Pelayannya mondar-mandir nenteng PDA kayak orang pinter (baca: Mario Teguh).

Selain karyawan, ternyata ada juga pelayan yang masih training, pake baju putih dan nggak pake headset. Pake name-tag bertuliskan “Training”.

Bicara soal menu makanan, D’Cost cukup komplet, namanya juga spesialis seafood.

Bagaimana dengan harganya? Yang cukup mencengangkan adalah :

  • Harga teh tawar : Rp. 100 / semaunya.
  • Teh manis           : Rp. 250 / gelas.
  • Es teh manis       : Rp. 500 / gelas.
  • Nasi Putih          : sebakul / sepuasnya.

Namun, untuk menu makanan utamanya, relatif sama dengan resto seafood yang lain. Nasi goreng seafood Rp.12.800, Kwetiau seafood Rp.12.800. Aneka macam udang Rp.22.800. Cumi-cumi Rp.14.800. Gurame Rp.27.800. Kepiting biasa Rp.34.800. Kepiting telur Rp.39.800.

Tak ada gading yang tak retak, entah karena restonya baru sehingga karyawannya belum ditraining, atau karena dia grogi, buntutnya, salah satu pelayannya, yang bernama Ade, ternyata melakukan kesalahan order. Gw pesen gurame bakar pedas, jadi gurame kecap. Ugh.. Sebel…

Ternyata teknologi yang canggih jika tidak disertai SDM yang canggih pula, is nonsense.

Overall, D’Cost is good.

teh manis : 250perak!

cah kangkung, sithik!

cah kangkung, sithik!

gurame goreng, bolehlah!

kepiting lada hitam, penak tur sithik!

bingung mangane, banca'an!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: